Menyambut Peluang Bisnis

 

Setelah resign di tahun 2019 saya memutuskan untuk tidak kembali mengajar di sekolah. Rencananya hanya untuk sementara waktu. Paling lama 1 semester saja. Namun tanpa disangka Corona mewabah dan hingga kini belum terselesaikan. Hingga akhirnya malah hampir 2 tahun saya belum kembali ke sekolah. Saya justru memulai bisnis bidang pendidikan di rumah, memanfaatkan ruangan yang ada. Eh, kok bisa, ya? ?

Sejak kuliah saya memang sudah terbiasa mengajar, baik les privat, bimbel, maupun sekolah formal. Ketika tiba-tiba harus berhenti dari aktivitas mengajar saya merasa ada kekosongan dan kerinduan dalam jiwa. Eaaaaa. ? Tapi, saat itu pula saya sadar bahwa mengajar dan berinteraksi dengan siswa adalah passion saya.

Sampailah pada suatu kesempatan ketika ada seorang ibu meminta saya mendampingi anaknya belajar online. Beliau merasa tidak sanggup membantu anaknya mengerjakan tugas-tugas belajar online karena materi pelajaran yang sudah semakin sulit. Beliau juga kerepotan membagi waktu karena harus bekerja. Ternyata setelah itu menyusul ibu-ibu yang lain dengan permintaan yang sama. Demi passion dan sekaligus menjemput peluang bisnis yang mulai terlihat saya pun menyambut positif permintaan mereka.

 

Memulai Bisnis Bidang Pendidikan

 

Saya persiapkan segala hal yang berkaitan dengan pelaksanaan bimbingan belajar (bimbel). Kemudian saya berikan nama bimbel SINAU yang merupakan singkatan dari SINergi Adab dan ilmU. Sebisa mungkin saya usahakan untuk mengelola semuanya secara profesional seperti bimbel-bimbel besar kenamaan. Tentunya dengan menggunakan prinsip-prinsip yang memanusiakan manusia.

Ibarat rindu telah bertemu penawarnya, saya merasa kembali menemukan “dunia” setelah kembali mengajar. Ternyata minat masyarakat semakin tinggi. Bahkan peminatnya pun datang dari beberapa kampung lain. Mereka mendaftarkan putra-putrinya untuk belajar materi tematik SD, Bahasa Inggris, dan calistung. Oh ya, kegiatan pembelajaran kami lakukan secara offline karena memang peserta didik hanya berasal dari daerah yang merupakan zona hijau COVID 19.

Sampai saat ini saya masih menghandle semua urusan administrasi dan mengajar seorang diri. Namun sayang sekali saya sering harus menolak pendaftar baru karena memang waktu sudah full dan jika diterima saya akan kuwalahan. Sebelumnya saya tidak pernah menyangka peminatnya akan sebanyak ini. Ternyata bisnis di bidang pendidikan berupa bimbingan belajar seperti ini cukup menjanjikan.

Menyambut peluang bisnis ini, saya kemudian berencana untuk membuat bimbel SINAU menjadi lebih besar dan profesional. Beberapa tenaga pendaftar perlu direkrut agar pendaftar yang terus bertambah dapat diterima dan dikelola dengan baik. Selain itu tentunya saya akan memerlukan komputer untuk membuat serta mengelola program dan bahan pembelajaran.

Untuk urusan rekrutmen tenaga pendidik saya rasa bekal pengalaman semasa berorganisasi di kampus masih relevan untuk digunakan. Menentukan jumlah yang dibutuhkan, menetapkan kriteria, broadcast info lowongan kerja, seleksi CV, wawancara, dan pelatihan sekaligus gathering untuk menyamakan visi misi serta menguatkan teamwork. Proses rekrutmen ini akan dilaksanakan di akhir semester.

Lalu, ketika libur semester, pendaftaran siswa baru akan kami mulai. Sambil merekap para pendaftar, kami sebagai tim kerja akan mulai membuat program, kelengkapan administrasi, modul, dan media pembelajaran untuk 1 semester. Agar pekerjaan yang banyak mengolah data, grafis, audio, dan video ini berjalan mulus, dibutuhkan komputer yang dapat diandalkan. Kebetulan ASUS VivoBook flip kesayangan yang biasa handle banyak pekerjaan saya LCD-nya rusak. Pada dasarnya saya pecinta PC. Jadi kali ini saya cenderung lebih memilih membeli PC untuk menunjang pekerjaan tersebut. Singkat cerita, pilihan saya jatuh pada ASUS ExpertCenter D500SA.

 

Keunggulan ASUS ExpertCenter D500SA

Selain pecinta PC, saya juga pecinta produk ASUS level berat. Sejak zaman kuliah sampai saat ini berganti laptop dan bahkan HP pun setia dengan brand ASUS. Jadi, untuk mencari referensi PC saya tidak melirik brand lain. Langsung saja saya mencari PC ASUS yang recommended untuk UMKM. Nah, singkat cerita saya jatuh hati dengan ASUS ExpertCenter D500SA.

Produk PC desktop dari ASUS berseri ExpertCenter D500SA ini memiliki fitur yang powerful, dapat diandalkan, dan expandable. PC tersebut dibuat untuk memenuhi kebutuhan bisnis kecil. Tuh, kan, dari pencitraannya saja sudah langsung cocok dengan kebutuhan saya. Created especially for the unique needs of small business.

 

Ringkas dan Performa Tinggi

 

ASUS ExpertCenter D500SA merupakan PC desktop ringkas performa tinggi. Desain tampilannya sangat stylish dengan monitor ramping. Hemat tempat banget. Produk ini juga memiliki sasis yang ringkas yang dapat diletakkan secara vertikal (diberdirikan) maupun horisontal (ditidurkan). Jadi, monitornya bisa diletakkan di samping atau bahkan di atas sasis agar lebih terlihat ringkas sehingga meja kerja menjadi lebih rapi. Jangan disepelekan, lho. Membuat media pembelajaran untuk generasi Z itu butuh banyak inspirasi. Bagi saya tempat kerja yang rapi akan sangat membantu mengundang inspirasi agar datang bertubi-tubi.

 

Meskipun tampilannya minimalis tapi untuk urusan performa kerja, produk ini tidak perlu diragukan lagi. Tugas kerja pengolahan data, grafis, audio dan video yang lumayan berat dalam membuat media pembelajaran berkualitas tinggi akan terselesaikan dengan baik oleh PC ini. Dengan prosesor mutakhir yaitu  10th Gen Intel® Core dilengkapi RAM DDR4 terbaru membuat berbagai tugas kerja menjadi lebih ringan. Tidak ada lagi drama macet-macet yang membuat stress dan menurunkan level kreativitas ?.

Oh, ya, membuat media pembelajaran biasanya membutuhkan waktu yang lama. Apalagi seperti saya yang baru merintis bimbel dan perlu membuat program, bahan, serta stok media pembelajaran untuk minimal satu semester. Komputer pasti akan bekerja dengan performa tinggi dalam waktu yang lama. Biasanya hal ini akan membuat perangkat menjadi panas. Tapi produk ASUS ini dioptimasi desain termal D500 dengan membuat ruang isolasi udara untuk generator panas utama sehingga dapat mencegah panas di bagian dalam. Teknologi tersebut juga meminimalisir noise dari perangkat sehingga ExpertCenter D500 dapat dioperasikan dengan tenang tanpa suara berisik dari sasis meskipun sedang dalam performa kerja yang tinggi. Selain itu, durabilitas PC ini tidak perlu diragukan karena sudah mendapat sertifikasi ketahanan militer AS (MIL-STD 810G).

 

Kemudahan Penggunaan, Pengelolaan, dan Upgrade

ASUS ExpertCenter D500SA adalah PC yang memberikan kemudahan dalam penggunaan, pengelolaan, dan upgrade. Port I/O yang lengkap pada sasis memudahkan kita untuk terhubung ke berbagai periferal bisnis. Port serial dan pararel yang fleksibel pada sasis juga membuat banyak PCI Express tersedia untuk upgrade tambahan. Sebuah smart-card reader dan SD card reader dapat menjadi opsi untuk memudahkan transaksi, transfer data, atau hal lain yang berkaitan dengan tugas bisnis.

Seperti desktop ExpertCenter lainnya, desain clever business-focused yang detail sangat membantu memudahkan proses upgrade dan pengelolaan PC.  Desain sasis memiliki fitur hassle-free sehingga dapat dibuka tanpa menggunakan alat sama sekali. HDD dan ODD juga bisa ditarik hanya dengan menggunakan jari-jari. Hal ini tentu akan menghemat waktu  dan tenaga saat akan melakukan upgrade atau servis rutin.

Case baja internal memungkinkan ExpertCenter D500SA untuk mengakomodir hingga 4 perangkat penyimpanan. Sementara slot PCIe memudahkan penambahan kartu grafis, koneksi WiFi, dan ekstra I/O ports. Produk ini memang mudah dikelola di hari ini dan siap di-upgrade dengan berbagai kebutuhan di masa depan.

Uniknya, salah satu PC desktop kebanggaan ASUS ini built to last, satu untuk selamanya. Ups, ini bukan gombalan, loh. ASUS sudah memikirkan produk ini dengan desain yang menawarkan 100% reassurance untuk penggunaan jangka panjang. Komponen-komponen yang digunakan merupakan produk terbaik di kelasnya sehingga memberikan kualitas yang dapat diandalkan dan endurance atau ketahanan yang luar biasa. Intinya, dengan penggunaan yang sesuai,  produk ini bisa awet sehingga tidak perlu sering ganti atau beli lagi. Hal tersebut ditujukan untuk meminimalisir Total Cost of Ownership (TCO) dalam bisnis kita.

 

Menyederhanakan Proses Bisnis

 

Dengan menggunakan ASUS ExpertCenter D500SA kita juga dapat menyederhanakan proses bisnis melalui ASUS Control Center. ASUS Control Center adalah rangkaian manajemen IT terpusat yang mampu melakukan manajemen   dari jarak jauh, memantau hardware, memantau software, dan membuat penjadwalan tugas melalui interface berbasis web yang ramah pengguna. Administrator juga dapat mengelola aset perusahaan dengan mudah melalui 1 portal.

Selain itu juga tersedia ASUS Business Manager yang merupakan platform berbasis PC yang memungkinkan pengelolaan PC individu. Contohnya kontrol pergerakan data pemblokir USB, jalur belakang sistem untuk memulihkan sistem  ke status optimal, dan partisi virtual terenskripsi untuk menyimpan data penting.

Fasilitas ASUS Control Center dan ASUS Business Manager sangat memudahkan untuk mengelola urusan IT dalam bisnis. Kita tidak perlu mengeluarkan dana untuk membangun sistem IT perusahaan atau institusi. Dengan demikian kita akan lebih menghemat waktu dan dana.

Beberapa kelebihan lain yang diberikan ASUS ExpertCenter D500SA dapat dilihat dalam gambar berikut.

Well, keren-nya lagi, ASUS juga ternyata peduli  lingkungan untuk mewujudkan kehidupan yang sustainable. Caranya adalah dengan mengoptimalkan penggunaan energi sehingga biaya pengoperasian jangka panjang dapat menurun. ASUS mengadopsi persyaratan yang ketat di semua tahap siklus hidup produk.

 

Kesimpulan

 

Produk PC desktop seri ExpertCenter D500SA ini memang sangat memukau, benar-benar dirancang untuk bisnis kecil, cocok untuk UMKM. Desain yang ringkas akan membuat ruang kerja menjadi rapi sehingga memudahkan kita mendapat inspirasi. Performa kerja yang tinggi akan sangat memudahkan tugas bisnis pendidikan kami yang pasti akan banyak berurusan dengan pengolahan grafis, audio, dan video.

Dengan berbagai komponen terbaik di kelasnya, PC ringkas performa tinggi serta mudah dalam penggunaan, pengelolaan, dan upgrade ini mampu menyederhanakan proses bisnis dengan fasilitas ASUS Control Center dan ASUS Business Manager. Ini tentu akan sangat berguna dalam proses bisnis pendidikan yang sedang saya geluti. Betul-betul exceptional small-business value. ASUS ExpertCenter D500SA adalah PC impian untuk bisnis pendidikan.

 

 

 

 

Referensi info dan sumber gambar

https://www.asus.com/us/Commercial-Desktop/ExpertCenter-D5-SFF-D500SA/

https://channel.asus.com/ExternalFile.aspx?path=d4aba9e085664a6d868349c2689b4406

Foto kegiatan bimbel : koleksi pribadi

ASUS ExpertCenter D500SA, PC Impian untuk Bisnis Bidang Pendidikan

Navigasi pos


29 tanggapan untuk “ASUS ExpertCenter D500SA, PC Impian untuk Bisnis Bidang Pendidikan

  1. built to last nya sangat menggoda, 100% reassurance untuk penggunaan jangka panjang, impian saya buat yg udah beberapa kali beli hardware dan berujung rusak lalu beli lagi rusak lagi 😶 akhirnya selalu nebeng punya suami

  2. Mantep banget kayaknya ni fitur dari PC’y Asus ini ya. Cocok buat belajar, kerja sampai mengelola bisnis. Lengkap! Enaknya asus ini udah terkenal awet, tahan banting, harganya masih terjangkau kalangan menengah..

  3. Salut membacanya. Senang membaca tentang guru yang passion-nya memang mengajar. Semoga ExpertCenter D500SA bisa segera dimiliki agar bisa mendukung kegiatan mengajarnya di Bimbel Sinau ya, Mbak.

  4. Saya termasuk nenek-nenek fanatik dengan produk Asus. Mulai hp sampai lp.

    Setelah membaca artikel ini, saya baru tahu kalau ada Produk PC desktop seri ExpertCenter D500SA.
    Ini patut dicoba. Terima kasih ulasannya, Mbak.

  5. Ooo ASUS ada produk PC desktop nya ya mba..baru tau saya tapi emang bener sih ASUS ini bandel dan kapasitasnya mumpuni banget untuk melakukan pekerjaan hehehe

  6. bisnis bidang pendidikan memang cukup menajanjikan untuk saat ini ya mbak
    apalagi klo di dukung oleh peralatan secanggih ASUS ExpertCenter D300TA,pasti makin joss bisnisnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.