Berdasarkan kemampuannya dalam menghantarkan panas, benda dibedakan menjadi dua, yaitu konduktor dan isolator. Sifat-sifat dari benda konduktor dan isolator ini banyak dimanfaatkan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Berikut penjelasannya.

Konduktor

Apa yang dimaksud dengan konduktor? Konduktor adalah benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik. Maksudnya, jika sumber panas mengenai benda konduktor, maka energi panas dapat menyebar dengan mudah dan cepat di permukaan benda tesebut. Contoh benda konduktor adalah benda-benda yang terbuat dari logam seperti paku, kawat, dll.

 

Dalam kehidupan sehari-hari benda-benda konduktor banyak dimanfaatkan untuk membuat peralatan memasak seperti panci dan penggorengan. Tujuannya adalah agar panas dari api kompor dapat dihantarkan dengan baik sehingga masakan di dalam panci atau penggorengan akan cepat matang.

Isolator

Pernahkah kamu berpikir mangapa ibu mengangkat panci panas menggunakan kain? Jawabannya adalah karena kain merupakan salah satu benda isolator. Isolator adalah benda yang tidak dapat menghantarkan panas dengan baik. Maksudnya, ketika ada sumber panas atau benda panas yang mengenai benda isolator, maka panas tidak dapat dengan mudah merambat pada benda tersebut. Contoh benda isolator antara lain kayu, kain, plastik, dan busa. Benda-benda isolator biasanya digunakan untuk membuat pegangan panci atau teflon, pegangan setrika, dan pegangan solder agar tidak panas saat kita harus memegangnya.

 

Penggunaan Benda Konduktor dan Isolator

 

Wajan (Penggorengan) dan Panci

Peralatan dapur yang penggunaannya berhubungan dengan api dibuat dengan kombinasi bahan konduktor dan isolator. Contohnya panci atau teflon. Bagian teflon yang menempel dengan api terbuat dari bahan konduktor. Sedangkan pegangan teflon tersebut menggunakan bahan isolator untuk menyekat panas.

 

Setrika

Cara kerja setrika adalah dengan mengubah energi listrik menjadi energi panas. Energi panas dari setrika inilah yang berfungsi untuk merapikan pakaian. Untuk menghantarkan panas dari kabel listrik ke pakaian maka alas setrika dibuat dari bahan konduktor. Tujuannya agar panas cepat sampai ke pakaian. Sedangkan bagian pegangan setrika menggunakan bahan isolator, misalnya plastik, agar tangan tidak merasakan panas saat sedang menyetrika.

 

Jaket

Pernahkah kamu sadari kenapa jaket menggunakan kain yang termasuk bahan isolator? Ternyata, hal ini adalah karena saat suhu udara rendah (dingin), jaket yang kita pakai akan menahan panas yang ada di dalam tubuh. Dengan demikian, panas di dalam tubuh tidak bisa keluar sehingga kita merasa hangat.

 

 

 

Sumber ganbar:

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ1GFiHXYFUIbp7KjAcSr_VvVSEztODo1Hx4w&usqp=CAU

Konduktor dan Isolator

Navigasi pos


Satu tanggapan untuk “Konduktor dan Isolator

  1. Hey There. I discovered your weblog using msn. That is a really
    neatly written article. I’ll be sure to bookmark it and come
    back to learn extra of your useful information. Thank you for the post.
    I’ll definitely comeback.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.