Energi Panas

Kalor disebut juga panas. Energi panas adalah perpindahan panas dari satu benda ke benda lainnya. Energi panas banyak dimanfaatkan oleh manusia. Contohnya untuk mengeringkan pakaian, memasak, menyetrika, dll. Energi panas bisa didapatkan dari berbagai sumber seperti matahari, api, listrik, panas bumi, dan gesekan dua benda.

Lalu, apa, sih, yang dimaksud dengan sumber energi panas?
Sumber energi panas adalah benda yang dapat menghasilkan panas. Matahari adalah sumber energi panas terbesar. Permukaan bumi menjadi terasa hangat karena ada energi panas yang berpindah ke bumi. Energi panas matahari dimanfaatkan manusia untuk keperluan rumah tangga, usaha, hingga pengembangan teknologi. Energi panas natahari juga dimanfaatkan tumbuhan untuk membuat makanan melalui proses fotosintesis.

Sumber energi panas lainnya adalah gesekan dua benda. Contohnya pada zaman dahulu, nenek moyang menggosok-gosokkan dua kayu atau batu sampai keluar api sebagai sumber panas.

Selain itu, kompor juga merupakan sumber energi panas yang banyak digunakan manusia untuk memasak. Energi panas kompor termasuk tinggi dan dapat membuat benda cair mendidih dengan cepat.

Perbedaan Suhu dan Panas

Panas dan suhu adalah sifat fisik suatu benda. Tapi, panas dan suhu itu tidak sama, lho, ya. Berikut ini adalah beberapa perbedaannya.

Pengertian

Panas biasa disebut juga kalor. Panas/kalor adalah bentuk energi suatu benda. Suhu adalah ukuran seberapa panas benda tersebut.

Satuan

Satuan panas adalah kalori. Satuan suhu adalah derajat Celcius (°C).

Alat Ukur

Panas diukur dengan kalorimeter. Suhu diukur termometer.

Suhu berbanding lurus dengan panas. Semakin panas suatu benda, maka semakin tinggi suhunya.

Pemuaian

Pemuaian adalah perubahan benda yang disebabkan oleh panas atau kenaikan suhu menjadi bertambah panjang, besar, lebar, luas, atau berubah volumenya. Konsep pemuaian diterapkan dalam kehidupan dan teknologi, contohnya:

Pemasangan Kaca Jendela

Pemasangan kaca pada jendela dibuat longgar. Hal ini berfungsi untuk mencegah pembengkokan kaca jendela dan mencegah kaca pecah karena pada siang hari kaca akan memuai saat terkena panas.

Pemasangan Sambungan Rel Kereta Api

Pada sambungan rel kereta api diberikan celah di antara dua batang rel. Fungsinya adalah untuk memberikan ruang muai agar besi rel tersebut tidak melengkung saat terkena panas. Rel yang melengkung bisa membahayakan kereta api yang melewatinya.

Pengisian Udara pada Ban Sepeda, Motor, atau Mobil

Ban yang diisi terlalu banyak udara akan meletus karena udara di dalam ban akan memuai saat terkena panas. Hal ini dapat menyebabkan kecelakaan. Ban yang terlalu penuh udara juga membuat kendaraan tidak nyaman dikendarai.

Pemasangan Kabel Listrik/Telepon

Kabel listrik atau telepon yang biasanya ada di pinggir jalan dipasang kendur/tidak tegang. Tujuannya agar kawat di dalam kabel tidak putus pada malam hari saat mengalami penyusutan.

Pemuaian pada Gelas Kaca

Gelas kaca yang basah atau dingin yang dituangi air panas biasanya akan pecah. Hal ini terjadi karena adanya pemuaian yang tidak merata pada gelas.

Suhu dan Kalor (IPA Kelas 5 Tema 6 Subtema 1)

Navigasi pos


Satu tanggapan untuk “Suhu dan Kalor (IPA Kelas 5 Tema 6 Subtema 1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.